Promosi Kesehatan Rumah Sakit merupakan media edukasi efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat agar dapat menolong dirinya sendiri, serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan didukung kebijakann publik yang berwawasan kesehatan.
Sebagai bagian dari upaya pencegahan terjangkitnya penyakit sekaligus sebagai program dalam memanjakan pasien dan pengunjung dalam mendapatkan pengetahuan kesehatan secara cuma – cuma, Tim PKRS dan Instalasi Keswamas RSKD Duren Sawit secara giat dan rutin melakukan penyampaian edukasi kesehatan baik melalui penyuluhan kesehatan, pembagian leaflet, serta melalui penempatan media poster, standing banner dan tv display serta media sosial. Khususnya dalam kegiatan penyuluhan kesehatan pasien dan pengunjung sangat antusias dan komunikatif dalam mengikuti kegiatan tersebut yang secara rutin setiap minggu digelar di lingkungan RSKD Duren Sawit dengan tema yang berbeda mulai dari perilaku hidup bersih dan sehat, pentingnya penerapan cara cuci tangan yang benar, pola gizi, hingga kesehatan jiwa di lingkungan keluarga.
Melalui media penyampaian yang sederhana, mudah dimengerti, dan disampaikan dengan cara yang sangat komunikatif serta menarik , tentu para pasien dan pengunjung di RSKD Duren Sawit dapat sangat mudah memahami dan akan berusahan menerapkan di lingkungan rumah tangga. Disamping itu kegiatan penyuluhan yang secara rutin diadakan tersebut membuat pasien dan pengunjung tidak bosan dalam menunggu antrian layanan kesehatan.
Menurut Direktur RSKD Duren Sawit dr. Julaga HC Lumban Tobing, MARS, kegiatan promosi kesehatan rumah sakit memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pola hidup sehat serta informasi kesehatan lainnya sekaligus meningkatkan hubungan baik antara pasien dan pengunjung dengan rumah sakit. Untuk itu diperlukan peran serta dari seluruh unit di rumah sakit agar program PKRS dapat terus berjalan berkesinambungan, tidak hanya peran serta dalam penyampaian informasi kesehatan namun terlebih penting lagi adalah sikap dan perilaku dari seluruh karyawan rumah sakit dalam melayani pasien dan pengunjung guna mendukung kegiatan promosi kesehatan rumah sakit.
Pada akhirnya,masyarakat yang berkunjung dan berobat ke RSKD Duren Sawit memiliki kepuasan dan berharap nilai tambah yang selalu diberikan RSKD Duren Sawit dapat terus ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *