Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan para tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer (FKTP) guna mengatasi masalah urban mental health serta deteksi dini kegawatdaruratan jiwa, RSKD Duren Sawit pada Kamis, 22 Februari 2018 bertempat di Ruang Aula Besar Lt. 4 menyelenggarakan kegiatan Pelatihan sehari dengan tema “Penanganan Kegawatdaruratan Psikiatri di Fasilitas Kesehatan Primer”. Acara yang dihadiri oleh Direktur RSKD Duren Sawit dr. Julaga HC Lumban Tobing, MARS beserta Jajaran tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Koesmedi Priharto,Sp.OT, M.Kes.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 44 peserta tenaga kesehatan Provinsi DKI Jakarta dari Puskesmas – puskesmas (fasilitas kesehatan tingkat primer) di wilayah Jakarta Utara dan Kepualauan Seribu.

Dalam sambutannya, Ka. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa “ Di era ini, tuntutan masyarakat untuk dilayani dengan layanan kesehatan sudah semakin berkembang, tidak hanya mengharapkan untuk mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ada namun kini mereka mengharapkan kita sebagai tenaga medis dapat melakukan jemput bola sehingga proses layanan kesehatan yang diberikan bisa lebih cepat. Contohnya di tingkat Puskesmas saja masyarakat menginginkan untuk bisa didatangi oleh tenaga medis dibanding mengunjungi Puskesmas. Hingga kini masih banyak ditemui masalah gangguan kesehatan jiwa pada masyarakat di lingkungan DKI Jakarta yang harus ditangani dengan segera. Melalui kegiatan pelatihan kegawatdaruratan psikiatri ini tentu sangat bermanfaat menambah kemampuan tenaga medis yang ada di lapangan guna lebih responsif mendeteksi dan menangani masyarakat di lingkungan dki jakarta yang mengalami kegawatdaruratan gangguan kesehatan jiwa “.

Pelatihan penanganan kegawatkedaruratan psikiatri dimulai dengan pemberian pre-test kepada peserta untuk mengetahui sejauh mana peserta mengetahui masalah gangguan jiwa di lingkungan masyarakat dan bagaimana penanganan yang selama ini telah dilakukan. Dalam kesempatan tersebut, dr.Ryan Aditya,SpKJ selaku narasumber dan dr. Supiyani H,SpKJ selaku pembawa materi memberikan tidak hanya sebatas pada pembahasan materi namun juga memberikan simulasi mengenai kondisi ketika petugas medis harus menghadapi seseorang yang mengalami gawat darurat jiwa, serta analisa hasil simulasi tersebut. Pelatihan berlangsung dari pagi hari hingga selesai pada sore hari pukul 15.30 wib. Masing – masing peserta di berikan modul dan sertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *