Dalam rangka hari kesehatan jiwa sedunia,yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, pada 17 – 18 Oktober, RSKD Duren Sawit mengadakan rangkaian kegiatan yang diikuti karyawan rumah sakit, pasien, serta petugas dari Panti Sosial Bina Laras Ceger dan Cipayung Jakarta Timur dibawah Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Tema yang diusung pada peringatan HKJS adalah “ Promosi Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Bunuh Diri “, dengan sub tema : “ Sehat Jiwa dimulai dari Diri, Keluarga dan Masyarakat “.

 

Kegiatan acara peringatan diawali dengan pemberian edukasi kesehatan jiwa secara rutin kepada seluruh pengunjung dan pasien di area rawat jalan RSKD Duren Sawit oleh para dokter psikiatri serta pemotongan nasi tumpeng bertempat di aula lt.4. Selain itu juga disemarakkan dengan berbagai Fun Game dan lomba karaoke dan tarian bertema handhygiene / cuci tangan yang diikuti oleh ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dari Panti Sosial Bina Laras DKI Jakarta dan RSKD Duren Sawit. Rangkaian acara berlanjut hingga Jumat 18 Oktober dengan kegiatan senam pagi bersama ODGJ dan karyawan. Puncak peringatan ditandai dengan pelepasan sepasang burung merpati putih oleh Direktur RSKD Duren Sawit beserta jajaran.

Dalam sambutanya, Direktur RSKD Duren Sawit dr. Theryoto,M.Kes  menyampaikan bahwa gangguan kesehatan jiwa membutuhkan pengobatan secara teratur seperti juga gangguan kesehatan medis lainnya. Orang dengan gangguan jiwa membutuhkan dukungan penuh tidak hanya melalui terapi obat dan konsultasi dengan psikiatri, namun juga yang tidak kalah penting adalah dukungan keluarga. Komunikasi di lingkungan keluarga memberikan semangat dan sikap optimis kepada ODGJ untuk dapat percaya diri menjalankan kehidupannya secara lebih baik dan dapat mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *